Home > Menulis ilmiah populer > Menulis ilmiah populer? Mengapa tidak?

Menulis ilmiah populer? Mengapa tidak?

Istilah ilmiah populer (Popular science) adalah proses pengubahan atau pengalihbahasaan dari bahasa ilmu menjadi bahasa populer atau awam, agar lebih mudah dipahami oleh orang awam. Penulisan ilmiah populer dianggap penting, karena dapat berperan sebagai “jembatan” antara ilmuwan (si empunya ilmu) dan masyarakat (awam; tidak memahami ilmu si empunya ilmu secara mendalam). Jadi, jika seseorang menulis ilmiah populer, maka pada hakekatnya, orang tersebut dapat dianggap telah berperan “membumikan” ilmu yang (dianggap) sulit dan rumit, menjadi ilmu dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Di dalam dunia keilmuan, profesi penulis populer ilmiah bisa saja disandang oleh si empunya ilmu itu sendiri, atau oleh orang lain yang mempunyai profesi lain yang menunjang upaya “penerjemahan” ilmu tadi. Penulis populer ilmiah terkenal semisal David Attenborough (DA) adalah salah satu contoh pakar penyiaran (broadcaster) yang demikian memahami cara untuk mempopulerkan ilmu yang rumit (DA adalah juga seorang naturalist) menjadi sebuah tulisan atau tontonan yang menarik dan mudah dipahami. DA adalah juga producer dari beberapa seri film perikehidupan flora dan fauna yang diproduksi oleh BBC (silakan tilik biografi singkatnya di sini).

The Life of Birds (DVD) karya D. Attenborough (1998)

Oleh karena itu, profesi sebagai penulis ilmiah populer sebenarnya sangat menjanjikan dan sekaligus mengesankan. Bagaimana tidak? Seorang DA tentu sangat menikmati “pengamatan” dan “pengalaman” yang luar biasa ketika melakukan perburuan data di berbagai daerah. Di samping itu, buku-buku dan film-film yang dihasilkannyapun amat populer di kalangan penggemar film-film ilmiah (silakan lihat di situs Amazon.com untuk melacak film dan buku karya DA). Artinya, dari segi finansial, DA tentu berkecukupan. Bagaimana dengan penulis ilmiah populer di Indonesia?

The Life of Mammals (DVD) karya D. Attenborough (2002)

Kondisi masyarakat Indonesia yang masih terkastakan berdasarkan tingkat keilmuan (awam dan berpengetahuan) seharusnya menjadi salah satu alasan kuat untuk memperbanyak jumlah penulis-penulis ilmiah populer handal semacam almarhum Slamet Suseno (redaktur dan penulis ilmiah populer di majalah Intisari dan majalah pertanian Trubus). Saya juga mencatat beberapa penulis-penulis blog hebat, misalnya Romi Satrio Wahono dan Rovicky Dwi Putrohari, pemilik blog Dongeng Geologi yang juga dapat dikategorikan sebagai penulis ilmiah populer. Silakan tilik blog-blog tersebut untuk membuktikan, bagaimana nyamannya kita, orang awam, mendapatkan bahan dari ilmu-ilmu rumit namun dijelaskan dengan amat lugas, sederhana, namun jelas.

Nah, sementara saya simpulkan dahulu, bahwa jika di Indonesia bermunculan penulis-penulis ilmiah populer yang mumpuni, maka harapan para ilmuwan (yang sering kesulitan menjelaskan ilmu-ilmunya) dan sebaliknya, orang awam, untuk mendapatkan penjelasan yang mudah tentang suatu ilmu yang rumit dapat tercapai. Bagaimana, Anda berminat menjadi penulis ilmiah populer?

Blog ini sengaja saya buat untuk menuangkan gagasan-gagasan atau ide-ide yang berhubungan dengan ilmu-ilmu biologi, terutama ilmu serangga (Entomologi) yang kata orang rumit dengan bahasa yang populer agar mudah dimengerti oleh siapapun yang tidak atau belum lama menyelami ilmu-ilmu tersebut. Dan akhirnya, kritik dan saran dari pembaca sangat saya harapkan untuk memperkaya isi blog ini. Ayo, kita saling berbagi untuk mencerahkan dan mencerdaskan.

Salam,

Nugroho S. Putra

  1. July 9, 2011 at 4:39 am

    memang diperlukan banyak sekali penulis dan buku-buku ilmiah populer berbahasa Indonesia biar orang awam seperti saya ini bisa lebih mudah dalam memahami sesuatu hal…jadi saya senang sekali dengan adanya blog ‘Menulis Ilmiah Populer’ ini ya karena pasti akan ada banyak ilmu yang bisa saya dapat nantinya🙂

    • nsputra
      July 9, 2011 at 6:13 am

      Semoga bermanfaat mas. Terima kasih dukungannya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: